FASILITASI PENDATAAN SIINas & SERTIFIKASI TKDN PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2024 DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT BERTEMPAT DI TIYUH DAYA ASRI

12 Agustus 2024
MUNTHOLIB
Dibaca 14 Kali
FASILITASI PENDATAAN SIINas & SERTIFIKASI TKDN PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2024 DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT BERTEMPAT DI TIYUH DAYA ASRI

Tiyuh Daya Asri - Pada hari Minggu, 11 Agustus 2024 diadakan kegiatan fasilitasi pendataan SIINas untuk mendapatkan Sertifikat TKDN bagi pemilik IKM (Industri Kecil Menengah). Kegiatan ini bertempat di Gedung Olahraga Daya Asri dan dihadiri oleh pihak dinas terkait selaku narasumber serta peserta pemilik IKM yang berada di Tulang Bawang Barat. 

Untuk mendapatkan sertifikat TKDN, pengusaha industri dapat memulai dengan cara mendaftarkan perusahaannya ke laman Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) https://siinas.kemenperin.go.id/registrasi.php/. Setelah mendapatkan akun SIINas, barulah proses pendaftaran sertifikasi TKDN dapat dimulai. Proses pendaftaran dengan membuka fitur e-services nanti akan tersedia pilihan sertifikasi/verifikasi industri atau TKDN industri kecil (IK). Perusahaan dapat mulai mengunggah dokumen persyaratan serta memilih lembaga verifikasi independen yang diinginkan untuk melakukan penghitungan besaran nilai TKDN.

Setelah berkas lengkap dalam SIINas, perusahaan kemudian bisa melakukan penghitungan mandiri (self-assessment) besaran nilai TKDN dengan pendampingan dari LVI. Hasil dari penghitungan mandiri tersebut kemudian diverifikasi besarannya oleh tim dari LVI melalui kunjungan langsung ke lapangan. Jika sudah, hasil dari verifikasi lapangan tersebut kemudian direviu dan dilakukan pengecekan terhadap kesesuaian dokumennya oleh Pusat P3DN Kementerian Perindustrian. Bila sudah sesuai, maka sertifikat TKDN dapat diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Pusat P3DN.