DAYA ASRI DITUNJUK SEBAGAI TIYUH PENGAWASAN PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN PASTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILU 2024

25 September 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 193 Kali
DAYA ASRI DITUNJUK SEBAGAI TIYUH PENGAWASAN PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN PASTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILU 2024

Tiyuh Daya Asri - Pada Minggu 23 September 2023 bertempat di Gedung Olahraga diadakan kegiatan Tiyuh Pengawasan Partisipatif di Daya Asri Kecamatan Tumijajar. Kegiatan ini sebagai komitmen Bawaslu untuk melibatkan masyarakat dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang. Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Hamid Badrul Munir, S.HI selaku koordinator divisi Pencegahan dan Parmas, Ketua Bawaslu kabupaten Tulang Bawang Barat Agus Tomi, S.H dan Anggota Kadarsyah, S.Kom, Cecep Ramdani, S.Sos.,M.IP, kepala Badan Kesbangpol kabupaten Tulang Bawang Barat A. Marwazi, S.E.,M.H. camat Tumijajar Erwan Syahroni, S.E., Camat Tulang Bawang Tengah Achmad Nazaruddin, S.IP.,M.IP. Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan masyarakat tiyuh Daya Asri.

WhatsApp Image 2023-09-25 at 09-57-50 (2)

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 pagi dan dirangkai dengan senam bersama masyarakat yang di pandu oleh instruktur lokal dari Tiyuh Daya Asri. kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara inti disambut dengan Tarian Nenemo Tubaba, lalu materi dan diskusi yang menghadirkan narasumber dari ketua forum camat, praktisi hukum, dan Ketua Apdesi Kecamatan Tumijajar.

WhatsApp Image 2023-09-25 at 09-57-49
Dalam sambutannya, Kepalo tiyuh Daya Asri Alif Fiantoro mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu kabupaten Tulang Bawang Barat yang sudah mempercayai dan menunjuk tiyuh Daya Asri sebagai tiyuh Pengawasan Partisipatif. Tentunya ini akan menjadi beban sekaligus motivasi untuk bersama-sama Bawaslu dalam menyukseskan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Beliau berharap kepada narasumber yang akan menjelaskan materi, masyarakat diberikan pandangan masukan menghadapi Pemilu Tahun 2024. "Kami sebagai masyarakat awam menyadari, saat ini banyak Caleg yang berkunjung ke rumah memakai seragam atau atribut partai, dan mohon kami diberikan kiat-kiat supaya pelanggaran dalam pemilu itu tidak terjadi di tiyuh kami ini," Ungkapnya.

WhatsApp Image 2023-09-25 at 09-57-50 (1)

Selanjutnya ketua Bawaslu Tulang Bawang Barat Agus Tomi, S.H. menyampaikan dengan diadakannya kegiatan sosialisasi tiyuh pengawasan partisipatif ini menjadi sinergitas Bawaslu dengan masyarakat, dimulai dari tiyuh Daya Asri dalam menghadapi Pemilu tahun 2024, perlu adanya pengawasan yang maksimal. Kami mengharapkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam menolak politik uang, isu hoaks, isu sara kita mulai dari tiyuh daya asri sebagai tiyuh pengawasan partisipatif.Hamid Badrul Munir, S.HI dalam sambutan nya menyampaikan tiyuh Partisipatif ini merupakan amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum untuk melibatkan pengawasan masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu, selain itu juga ada program partisipasi masyarakat diantaranya ada forum warga, pojok pengawasan, komunitas digital, dll. Esensi dari kegiatan ini diharapkan ada kesadaran dari masyarakat tiyuh Daya Asri untuk turut serta mengawasi pemilu tahun 2024. Ketika ada kecurangan masyarakat bisa berpartisipasi untuk melaporkan kepada jajaran pengawas Pemilu di tingkat Desa, disetiap desa/tiyuh ada satu orang Panwaslu Kelurahan/Desa.

WhatsApp Image 2023-09-25 at 09-57-50

Kegiatan diakhiri dengan penanda tanganan bersama komitmen tiyuh pengawasan partisipatif di Daya Asri pada pemilu 2024 mendatang. Harapannya dengan adanya kegiatan ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencegah politik praktis dapat lebih maksimal sehinga bersama-sama dapat mensukseskan Pemilu 2024 yang damai, aman, lancar serta bermartabat di Tulang Bawang Barat dan khususnya di Daya Asri.