KEGIATAN KONSOLIDASI ANTARA APARATUR TIYUH, KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM) DAN KADER POSYANDU SERTA POSBINDU GUNA MELENGKAPI DATA TIYUH YANG ADA DI DAYA ASRI

21 September 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 144 Kali
KEGIATAN KONSOLIDASI ANTARA APARATUR TIYUH, KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM) DAN KADER POSYANDU SERTA POSBINDU GUNA MELENGKAPI DATA TIYUH YANG ADA DI DAYA ASRI

Kamis, 21 September 2023 - Bertempat di Ruang Rapat Balai Tiyuh Daya Asri dilaksanakan konsolidasi dan koordinasi antara Aparatur Tiyuh, KPM, Posyandu, dan Posbindu dalam rangka membahas kelengkapan data terkait posyandu dan posbindu. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB s.d.selesai. Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini M. Jadmiko selaku Kaur TU Tiyuh  dan Ranti Jayanti selaku Kader Pembangunan Manusia (KPM) Tiyuh Daya Asri.

WhatsApp Image 2023-09-21 at 09-47-54

Salah satu yang dibahas adalah kebutuhan data terkait pengisian aplikasi eHDW yang merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Desa PDTT untuk membantu melakukan perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian (monitoring dan evaluasi) terhadap pelaksanaan program konvergensi stunting di tingkat tiyuh. Dimana kelompok sasaran layanan baru dalam pencegahan stunting (yaitu remaja puteri serta calon pengantin dan pasangan usia subur) serta penyesuaian kembali lingkup layanan bagi masing-masing kelompok sasaran termasuk kelompok anak usia 24 – 59 bulan. Bagi kelompok sasaran anak, perlu juga reklasifikasi dari 2 kelompok (0-23 bulan dan 24-59 bulan) menjadi satu kelompok saja (0-59 bulan). Sehingga hal ini sangat membutuhkan bantuan serta data dari para Kader Posyandu dan Posbindu dimana merekalah yang secara rutin terlibat dalam pengawasan serta pencegahan stunting baik dari segi perkembangan anak, persiapan pasangan pernikahan serta ibu hamil dan menyusui.

WhatsApp Image 2023-09-21 at 09-47-55

Sedangkan bagi Pemerintah Tiyuh hal ini sebagai salah satu langkah pelengkapan data terkait posyandu dan posbindu di Daya Asri guna pengawasan serta pencegahan stunting di tingkat Tiyuh. Dengan terwujudnya satu data harapannya akan memudahkan pemerintah tiyuh untuk dapat mengambil kebijakan kedepannya terkait pencegahan dan penanganan stunting di Tiyuh Daya Asri.