KEGIATAN IN SERVICE TRAINING (IST) PELAPORAN APLIKASI eHDW 2.0 BAGI KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM) TIYUH SE-TUMIJAJAR BERTEMPAT DI DAYA ASRI

13 September 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 159 Kali
KEGIATAN IN SERVICE TRAINING (IST) PELAPORAN APLIKASI eHDW 2.0 BAGI KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM) TIYUH SE-TUMIJAJAR BERTEMPAT DI DAYA ASRI

Rabu, 13 September 2023 - Bertempat di ruang rapat Tiyuh Daya Asri diadakan kegiatan In Service Training (IST) Pelaporan eHDW 2.0. Pelatihan ini sesuai dengan undangan dari Camat Tumijajar Nomor : 005/152/100/TJ/TUBABA/IX/2023 tanggal 11 September 2023. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 pagi. Peserta kegiatan ini adalah seluruh Admin Tiyuh se-Tumijajar, dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Tiyuh se-Tumijajar. Hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber adalah Ir. Johansyah dari PMD Tubaba, Ir. Abdul Hakim dari PMD Tubaba, Dwi Sulistyaningsih dari PD Kecamatan Tumijajar, dan Sundartik, S.Kom dari PD Kecamatan Tumijajar. Turut hadir juga Pendamping Lokal Desa yang ada di Tumijajar.

Bpk. Johan selaku narasumber menyampaikan bahwa Aplikasi eHDW merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Desa PDTT untuk membantu melakukan perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian (monitoring dan evaluasi) terhadap pelaksanaan program konvergensi stunting di tingkat tiyuh. Penanganan stunting telah ditetapkan sebagai salah satu isu sekaligus program prioritas nasional pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019, dan kemudian berlanjut dalam RPJMN 2020-2024.

WhatsApp Image 2023-09-13 at 10-49-37

Sedangkan Bpk. Abdul Hakim menyampaikan dengan ditetapkannya Perpres 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan Permendes PDTT Nomor 8 Tahun 2022 membawa konsekuensi terhadap kebutuhan penyesuaian pada aplikasi EHDW, seperti dalam hal penambahan kelompok sasaran layanan baru dalam pencegahan stunting (yaitu remaja puteri serta calon pengantin dan pasangan usia subur) serta penyesuaian kembali lingkup layanan bagi masing-masing kelompok sasaran termasuk kelompok anak usia 24 - 59 bulan. Aplikasi eHDW 2.0 diharapkan memberikan ruang lebih banyak bagi KPM dalam melakukan advokasi konvergensi pencegahan stunting. Aplikasi ini akan membantu masyarakat dan Pemerintah Tiyuh untuk mengidentifikasi permasalahan stunting di wilayahnya dan menyusun usulan program pencegahan stunting di tiyuh. Pada level Pemerintah Pusat dan Daerah, aplikasi ini akan membantu proses monitoring dan evaluasi kemajuan tingkat konvergensi pencegahan stunting di tingkat tiyuh sekaligus merumuskan kebijakan tentang program/kegiatan pencegahan stunting secara terpadu dan berkelanjutan dengan berbasis data riil dan terkini.

WhatsApp Image 2023-09-13 at 10-48-49

Ibu Dwi menambahkan Aplikasi eHDW 2.0 terdiri dari dua platform, yaitu platform mobile dan website. Platform mobile dikembangkan dengan berbasis OS Android, dan digunakan terutama oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM) di tingkat tiyuh untuk membantu proses pengumpulan data, pemantauan, pencatatan dan pelaporan pada sasaran rumah tangga 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), pemantauan paket layanan pencegahan stunting di tiyuh, serta mempermudah KPM dalam memfasilitasi konvergensi pencegahan stunting di tiyuh. Sementara platform website digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan di Pusat dan Daerah (termasuk Pemerintah Tiyuh) sebagai pendukung terwujudnya keterpaduan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program-program konvergensi stunting di tingkat tiyuh.

WhatsApp Image 2023-09-13 at 10-49-38

Harapannya dengan diadakan In service Training ini bukan hanya sebagai pengenalan aplikasi eHDW tetapi juga akan dapat meningkatkan pemahaman serta kemampuan para admin dan KPM di semua tiyuh yang ada di Tumijajar dalam melaksanakan program penurunan stunting yang terintegrasi dengan aplikasi eHDW. Kedepannya akan terus dilakukan monitoring, pendampingan, serta evaluasi dari kinerja para KPM yang dilakukan oleh Pendamping Desa baik dari tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Pendamping Lokal Desa. Pendampingan dan evaluasi akan dilakukan dengan cara langsung turba ke tiyuh maupun melalui media daring.

IMG-20230913-WA0023