KEGIATAN ORIENTASI PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA AKSEPTOR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2023 BERTEMPAT DI TIYUH DAYA ASRI

25 Juli 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 154 Kali
KEGIATAN ORIENTASI PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA AKSEPTOR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2023 BERTEMPAT DI TIYUH DAYA ASRI

Selasa, 25 Juli 2023 - Bertempat di Ruang Pertemuan Balai Tiyuh Daya Asri diadakan kegiatan Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Akseptor Di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Propinsi Lampung Bpk. Sofandi Kurniawan, S.E., Dr. Heri Ahmadi selaku Sekretaris Dinas PPKB Tubaba, BKKBN Tubaba, Bpk. Agung Maradona, S.Kom, S.H. selaku Penyuluh KB  Kecamatan Tumijajar, Bpk. Surahman selaku Sekretaris desa Pemerintah Tiyuh Daya Asri, serta Peserta kegiatan yang terdiri dari Kelompok UPPKA Berkah Asri, Kader PKK, Kader PPKBD, dan Kader Posyandu. Hadir selaku narasumber dalam kegiatan ini adalah Bpk. M. Amin Nurroni S.E. dari Dinas Koperindag Tubaba dan Ibu Anjar Sriyani, S.K.M., M.Ling. dari Dinas PPKB Tubaba.

Akseptor merupakan sebutan khsusus ala BKKBN bagi peserta KB atau pasangan usia subur yang menggunakan salah satu alat kontrasepsi. Peserta KB ini merupakan sasaran utama yang perlu pendampingan terkait peningkatan ekonomi keluarga, terutama bagi mereka yang masuk dalam keluarga prasejahtera. Pemberdayaan ekonomi keluarga penting dilaksanakan secara bersama oleh pemerintah dan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan memantapkan program keluarga berencana (KB). Hal ini juga bertalian erat dengan sasaran utama program KB Nasional melalui UPPKA guna mengangkat kesejahteraan keluarga ke arah yang lebih baik.

Dalam sambutannya Kepala Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Propinsi Lampung yang diwakili oleh Bpk. Sofandi Kurniawan, S.E. selaku Ketua Tim Kerja Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Provinsi Lampung menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada para peserta, karena ditengah berbagai kesibukan yang ada, masih dapat membagi waktu untuk hadir bersama-sama mengikuti kegiatan pada hari ini. Beliau melanjutkan, didalam Perban BKKBN Nomor : 17 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor, Pemberdayaan Ekonomi Keluarga merupakan kegiatan pembinaan ketahanan untuk memperkuat fungsi ekonomi Keluarga demi meningkatkan kesejahteraan Keluarga, mendukung penghapusan kemiskinan dan memperkuat/memantapkan pelaksanaan Program Kesejahteraan Keluarga. Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (Kelompok UPPKA) adalah usaha ekonomi produktif yang beranggotakan sekumpulan anggota Keluarga Akseptor yang saling berinteraksi dalam rangka meningkatkan fungsi ekonomi Keluarganya demi mewujudkan kemandirian ekonomi Keluarga.

Sedangkan Bpk. Surahman selaku perwakilan Kepalo Tiyuh Daya Asri menyampaikan ucapan terimaksih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini di Tiyuh Daya Asri, serta mendukung kegiatan ini sebagai upaya kerjasama dan koordinasi antara pemerintah tiyuh dan pihak Dinas serta kader UPPKA terkait guna bersama-sama melakukan pemberdayaan ekonomi menuju kearah kesejahteraan keluarga yang lebih baik khususnya di Tiyuh Daya Asri dan umumnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kegiatan dilanjutkan dengan serah terima bantuan dari Provinsi berupa alat bantuan produksi guna menunjang usaha kepada UPPKA Berkah Asri yang diserahkan langsung oleh Bpk. Sofandi Kurniawan, S.E. dan diterima oleh Ketua UPPKA Berkah Asri Ibu Suprehatin. Setelah serah terima diadakan sesi foto bersama dan setelah itu dilanjutkan dengan sesi orientasi dari para narasumber sampai dengan selesai.