JEMPUT BOLA PEREKAMAN E-KTP OLEH DISDUKCAPIL TUBABA DI TIYUH DAYA ASRI KECAMATAN TUMIJAJAR

29 Mei 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 149 Kali
JEMPUT BOLA PEREKAMAN E-KTP OLEH DISDUKCAPIL TUBABA DI TIYUH DAYA ASRI KECAMATAN TUMIJAJAR

Tiyuh Daya Asri - Guna mempermudah pelayanan masyarakat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulang Bawang Barat membuka pelayanan jemput bola di tiyuh, salah satunya bekerja sama dengan Pemerintah Tiyuh Daya Asri dalam pelaksanaan perekaman KTP elektronik untuk warga Daya Asri Kecamatan Tumijajar. Kegiatan ini bertempat di Balai Tiyuh Daya Asri pada hari Minggu, 28 Mei 2023, di mulai pada pukul 08.00 pagi sampai dengan 15.00 WIB.

Kegiatan ini sudah kali kedua Dinas Dukcapil Tulang Bawang Barat membuka pelayanan perekaman E-KTP di Tiyuh Daya Asri. Perekaman E-KTP oleh petugas diawali dengan pengisian data, perekaman sidik jari serta retina mata. Warga yang ingin mendaftar sebelumnya diverifikasi oleh perangkat tiyuh dan kepalo suku masing-masing. Antusiasme warga pun cukup ramai, di dominasi oleh para pemuda pemudi yang sudah berumur 17 tahun lebih tetapi belum pernah perekaman, dan juga para lansia yang belum memperbarui KTP nya menjadi E-KTP. Jumlah warga yang melakukan perekaman adalah 32 orang.

Dengan melakukan perekaman dan memiliki KTP Elektronik maka warga akan mendapat hak hak sebagai warga negara berupa pelayanan publik karena untuk mengakses semua pelayanan publik diawali dengan kepemilikan KTP elektronik. Terlebih lagi saat ini menjelang pemilihan umum serentak tahun 2024, dimana hak suara sebagai warga negara akan diperoleh jika sudah memiliki data diri berupa KTP elektronik.

Perwakilan perangkat tiyuh sekaligus mewakili warga Daya Asri sangat berterima kasih kepada pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan terselenggaranya kegiatan perekaman KTP Elektronik ini, dikarenakan masih ada beberapa warga yang terkendala apabila harus melakukan perekaman mandiri di Kantor Dinas Dukcapil Tulang Bawang barat terutama bagi warga yang sudah berusia lanjut.

Harapannya dengan adanya perekaman di tiyuh dapat meningkatkan jumlah warga yang memiliki E-KTP sehingga mudah mendapatkan pelayanan publik dan hak-haknya sebagai warga negara terpenuhi, selain itu semoga kedepan diadakan lagi kegiatan semacam ini agar dapat menjadi alternatif bagi para warga yang sudah memenuhi syarat memiliki E-KTP tapi terkendala oleh jarak dan waktu jika ingin melakukan perekaman mandiri di Kantor Dinas Dukcapil Tulang Bawang Barat.