SWADAYA MASYARAKAT : PEMBERSIHAN DRAINASE DAN PEMERATAAN JALAN DI RT 01 SUKU 03 TIYUH DAYA ASRI

16 Mei 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 166 Kali
SWADAYA MASYARAKAT  : PEMBERSIHAN DRAINASE DAN PEMERATAAN JALAN DI RT 01 SUKU 03 TIYUH DAYA ASRI

Senin, 16 Mei 2023 -  dimulai sekitar pukul 17.00 WIB sampai selesai warga masyarakat sekitar RT 01 Suku 03 melaksanakan pembersihan drainase dan pemerataan jalan dengan panjang sekitar kurang lebih 75 Meter. Jalan yang dilakukan pembersihan adalah jalan tiyuh yang mengarah ke pemukiman warga di jalan tiga. Pada kegiatan tersebut di inisiasi oleh Bpk. Arif selaku warga yang tinggal di wilayah tersebut bersama beberapa warga. Koordinasi dilakukan dengan Kepala Suku 03 Bpk. Margono dan Ketua RT 01 Bpk. Slamet serta sumber dana kegiatan ini adalah dari swadaya masyarakat.

Kegiatan pembersihan ini dilakukan untuk memperlancar aliran saluran drainase dengan mengatasi penyumbatan akibat sampah, tanaman liar yang tumbuh di dalam saluran dan endapan sedimen. Selain itu juga untuk mengurangi atau menghilangkan genangan-genangan air yang menyebabkan bersarangnya nyamuk malaria dan penyakit lainnya. Sedangkan pemerataan jalan dilakukan agar transportasi lalu lintas warga yang tinggal di wilayah tersebut lancar dan juga bagi warga yang akan menuju ke persawahan agar lebih aman dan nyaman. Permbersihan dan pemerataan ini menggunakan alat berat excavator mini milik Bpk. Arif selaku salah satu warga yang tinggal di RT 01 Suku 03, dan dibantu warga menggunakan cangkul.

Bpk. Margono selaku Kepalo Suku 03 mengucapkan banyak terimakasih kepada Bpk. Arif yang sudah memperbolehkan alat berat miliknya untuk digunakan membersihkan drainase dan pemerataan jalan, serta kepada warga masyarakat yang turut membantu kegiatan tersebut. Harapannya setelah dilakukan pembersihan drainase ini akan membuat aliran air lancar terutama saat musim hujan sehingga tidak mengakibatkan sumbatan yang akan memunculkan penyakit bagi warga. Serta pemerataan jalan akan membuat warga yang akan berlalu lalang akan lebih nyaman dan aman, dan terakhir Beliau menghimbau kepada seluruh warga agar bersama-sama untuk menjaga fasilitas umum baik berupa drainase, jalan maupun tempat lainnya demi kebersihan dan kenyamanan bersama.