AYO KE POSBINDU ! SKRINING PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) UNTUK PENGECEKAN KESEHATAN

06 April 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 163 Kali
AYO KE POSBINDU ! SKRINING PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) UNTUK PENGECEKAN KESEHATAN

Kamis, 06 April 2023 - Bertempat di Balai Tiyuh Daya Asri diadakan kegiatan POSBINDU. Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat Tiyuh Daya Asri, UPT Puskesmas Dayamurni mengadakan program PTM POSBINDU ini yang dibantu oleh para Kader Tiyuh Daya Asri. Dalam kegiatan ini dilakukan pengecekan TD, BB, GLUKOSA DARAH, CHOLESTEROL DAN URID ACID bagi warga tiyuh Daya Asri. Dengan harapan masyarakat Daya Asri selalu mengontrol kesehatan tidak hanya di posyandu, tetapi juga melalui POSBINDU.

Karena tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasarannya cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM. Posbindu PTM juga bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.