SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN INPUT IDM TAHUN 2023 OLEH DINAS PMD TULANG BAWANG BARAT DI TIYUH DAYA ASRI

05 April 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 117 Kali
SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN INPUT IDM TAHUN 2023 OLEH DINAS PMD TULANG BAWANG BARAT DI TIYUH DAYA ASRI

Rabu, 05 April 2023 - Tiyuh mempunyai peran yang  cukup besar dalam upaya mementukan arah visi membentuk sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik di masa depan. Upaya tersebut dapat dimulai dengan menggerakkan pembangunan, mningkatkan kualitas hidup, serta kesejahteraan masyarakat desa. Aspek Penting untuk mencapai visi tersebut adalah pembangunan desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melalui Permendesa No. 2 Tahun 2016, telah menetapkan beberapa indikator yang memberi kemudahan kepada desa untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemandirian desanya. Dengan adanya instrumen yang disebut dengan Indeks Desa Membangun (IDM), desa dapat mengenali dan menggali informasi, sejauh mana permasalahan yang dialami dan potensi yang dimiliki untuk mendorong desa keluar dari jerat masalahnya.

Setiap Tahun seluruh pemerintah desa se-Indonesia melalukan input data Indeks Desa Membangun (IDM), termasuk Tahun 2023 akan dilakukan penilaian melalui instrument dengan berbagai indikator. Dalam rangka Sosialisasi IDM (Index Desa Membangun) tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulang Bawang Barat melakukan sosialisasi dan pendampingan di Tiyuh Daya Asri. Kegiatan ini dihadiri oleh Ir. Abdul Hakim selaku perwakilan Dinas PMD Kabupaten Tulang Bawang Barat, Dwi Sulistianingish, S.E. selaku pendaming desa tingkat kecamatan, Sundartik, S.Kom. selaku pendamping lokal desa Daya Asri, dan staff operator Tiyuh Daya Asri.

Dalam sosialisasi ini, diharapkan partisipasi dan keterlibatan operator tiyuh serta koordinator Pendamping Desa dan kasi PMKS dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam merencanakan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi kegiatan pembangunan desa yang berkelanjutan. Dengan begitu, diharapkan hasil pembangunan desa yang dicapai dapat lebih optimal, sehingga bisa meningkatkan kualitas serta peningkatan status masing-masing desa yang ada di Tiyuh Daya Asri. Tujuan utama dari sosialisasi IDM (Index Desa Membangun) ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik kepada operator, koordinator pendamping desa dan kasi PMKS di Tiyuh Daya Asri, tentang konsep dan prinsip dari IDM serta keuntungan yang bisa didapat setelah penerapannya di desa-desa.