SEMINAR PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH ATAU TAJHIZUL JANAZAH DI MASJID AL-FATAH TIYUH DAYA ASRI

15 Maret 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 125 Kali
SEMINAR PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH ATAU TAJHIZUL JANAZAH DI MASJID AL-FATAH TIYUH DAYA ASRI

Rabu, 15 Maret 2023 - Bertempat di Masjid Al-Fatah Suku II Tiyuh Daya Asri diadakan kegiatan Pelatihan Tata Cara Pemulasaran Jenazah atau Tajhizul Janazah. Kegiatan ini diadakan oleh pengurus Masjid Al-Fatah bekerjasama dengan Tokoh Agama, Aparatur Tiyuh, serta Tokoh Pemuda setempat. Kegiatan ini diikuti oleh para pemuda-pemudi, tamu undangan, dan warga sekitar. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah H. Agus Ali Wafa yang didatangkan langsung dari Pondok Pesantren Darussa'adah Lampung Tengah.

Dalam Islam pemulasaran jenazah bersifat Fardhu kifayah. Yaitu hukum wajib dilaksanakan, apabila dalam satu desa tidak ada yang melakukan, dosa bagi satu desa tersebut namun bisa gugur kalau ada satu orang yang melaksanakannya. Pada setiap daerah mempunyai ciri khas masing- masing dalam pemulasaran jenazah khususnya dalam pemotongan kain dan cara mengkafani sesuai tradisi yang telah turun-temurun dan tentunya sesuai aturan syari'at yang berlaku dalam islam.

Dalam hal ini Narasumber Gus Wafa akan menyampaikan tentang tata cara pemulasaran jenazah yang baik dan benar dan tentu saja sesuai syariat Islam yang berdasarkan sumber dan sanad yang jelas. Pelatihan tersebut selain mengajarkan berbagai materi tentang tahap-tahap dalam mengurus Jenazah, juga diajarkan langsung mengenai bagaimana pratik tajhiz jenazah secara lengkap dan berurutan.

Bpk. Surahman selaku perwakilan tiyuh menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan pengetahuan pada masyarakat terkhususnya masyarakat Tiyuh Daya Asri tentang tata cara pemulasaran jenazah. Karena meskipun ini sifatnya fardhu kifayah tetapi sangat penting bagi seorang muslim sebagai pengetahuan dasar apabila ada sanak keluarga yang meninggal, karena yang paling utama untuk mengurus jenazah adalah sanak keluarga terdekat. Selain itu ini juga sebagai wujud regenerasi pengurus kematian yang ada di Tiyuh Daya Asri.