SOSIALISASI PROGRAM KELUARGA NENEMO MANDIRI PANGAN TULANG BAWANG BARAT DI TIYUH DAYA ASRI

09 Februari 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 102 Kali
SOSIALISASI PROGRAM KELUARGA NENEMO MANDIRI PANGAN TULANG BAWANG BARAT DI TIYUH DAYA ASRI

Daya Asri, 9 Februari 2023 - Bertempat di Gedung Olahraga Tiyuh Daya Asri diadakan kegiatan sosialisasi dan musyawarah terkait program Keluarga Nenemo Mandiri Pangan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Hadir dalam kegiatan ini Kadis Dinas Sosial Tulang Bawang Barat, BPP Tumijajar, PPL Pertanian Tiyuh Daya Asri, Kepalo Tiyuh Daya Asri beserta Aparatur, Lurah Dayamurni beserta perangkatnya, BPT Daya Asri, perwakilan Ormas, KWT Dayamurni, dan Perwakilan Petani yang ada di Daya Asri dan Dayamurni serta dibantu oleh Mahasiswa KKS dari Umala Metro.

Program ini adalah inovasi dari Pj. Bupati yang memfokuskan kepada tiga aspek yaitu Kandang, Kolam, Kebun, Wisata (K3W). Program ini berfungsi untuk menunjang kebutuhan gizi keluarga guna mencegah terjadinya stunting, selain itu juga untuk menunjang program ketahanan pangan, dan juga perekonomian mandiri. Konsep dasarnya adalah dengan pemanfaatan lahan pekarangan disekitar rumah untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian sayuran, atau juga kolam dan kandang. 

Kadis Dinas Sosial dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini akan didukung dengan pemberian bantuan bibit serta pendampingan dari pihak terkait, karena yang diharapkan adalah para warga menanam sayuran atau tanaman obat-obatan yang dapat menunjang kesehatan warga guna mencegah terjadinya stunting di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dan jika nanti berlanjut hasil panen berlimpah bisa dijadikan alternatif ekonomi mandiri. Acara berjalan dengan lancar dan dilanjutkan dengan diskusi serta rencana tindak lanjut yang dipandu oleh petugas dari BPP Tumijajar. Diharapkan Tiyuh Daya Asri dan Dayamurni dapat menjadi percontohan terlaksananya program ini.