MAHASISWA KKS UMALA METRO BANTU GIAT POSBINDU PTM DI TIYUH DAYA ASRI

07 Februari 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 113 Kali
MAHASISWA KKS UMALA METRO BANTU GIAT POSBINDU PTM DI TIYUH DAYA ASRI

Selasa, 7 Januari 2023 - Mahasiswa KKS Umala Metro bantu warga dalam giat POSBINDU Penyakit Tidak Menular (PTM) di Tiyuh Daya Asri Kecamatan Tumijajar, Tulang Bawang Barat, Lampung. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Pemerintah Tiyuh Daya Asri dengan UPTD Puskesmas Dayamurni. POSBINDU PTM merupakan salah satu peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan. Salah satu kader kesehatan Tiyuh Daya Asri mengutarakan kegiatan POSBINDU PTM ini sempat vakum selama 2 tahun akibat adanya pandemi Covid-19 dan mulai aktif lagi dan sudah berjalan beberapa bulan ini.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM yang mana dilaksanakan secara terpadu,rutin dan periodik,” ujarnya.

Dalam kegiatan POSBINDU PTM ini, para mahasiswa ikut terlibat memberi arahan pada setiap peserta POSBINDU PTM untuk mengisi buku kehadiran, lalu dilakukan penimbangan berat badan dilanjutkan pengukuran tinggi badan, dan screening awal. Lalu dilanjutkan pengukuran tensi darah.

“Kami sebagai mahasiswa yang ikut berkontribusi dalam kegiatan POSBINDU PTM ini merasa senang dan bangga melihat antusiasme para warga untuk mengikuti kegiatan POSBINDU PTM ini,” ungkap salah satu perwakilan Mahasiswa KKS Umala Metro.

Pendataan dilakukan secara teliti dan terstruktur sebagaimana arahan yang diberikan oleh kader kesehatan, bidan tiyuh, dan petugas puskesmas kepada mahasiswa sebelum kegiatan berlangsung. Untuk tahap pemeriksaan kadar gula dan konsultasi terkait penanganan lebih lanjut dilakukan oleh petugas puskesmas. Sementara itu, Bidan Tiyuh menyampaikan dengan melaksanakan tes kesehatan secara berkala diharapkan warga masyarakat Tiyuh Daya Asri aman dari berbagai penyakit.