REORGANISASI KEPENGURUASN PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) MUGI RAHAYU TIYUH DAYA ASRI

08 Desember 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 189 Kali
REORGANISASI KEPENGURUASN PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) MUGI RAHAYU TIYUH DAYA ASRI

Jumat, 8 Desember 2023 - Tiyuh Daya Asri merupakan salah satu tiyuh yang berada di Wilayah Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tiyuh yang memiliki luas wilayah 1010 Ha ini, saat ini memiliki jumlah Penduduk sekitar 4.364 ribu Jiwa, dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani/buruh tani. Wilayah tiyuh daya asri memiliki 440 Ha areal persawahan, dimana untuk perairannya menggunakan irigasi.

WhatsApp Image 2023-12-08 at 09-01-30

Pada setiap musim tanam padi, guna memenuhi kebutuhan air irigasi pada areal sawah di Tiyuh Daya Asri, diperlukan peran serta aktif dari masyarakat tiyuh terutama para petani dan pemilik lahan sawah. Maka dari itu diperlukan petugas khusus yang menangani pengairan, agar proses pengairan lebih tertib dan merata. Maka dari itu di Tiyuh Daya Asri sudah terbentuk Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Mugi Rahayu untuk lebih memudahkan koordinasi dan pengaturan penggunaan air di persawahan Daya Asri.

WhatsApp Image 2023-12-08 at 09-04-09 (1) 

Pada hari Jumat (08/12/2023), diadakan Reorganisasi Kepengurusan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mugi Rahayu Tiyuh Daya Asri. Kegiatan ini diadakan di area Sawo Meeting di pertengahan sawah dimana lokasi ini biasa dijadikan sebagai tempat berkumpulnya anggota kelompok tani di Tiyuh Daya Asri. Hadir dalam kegiatan ini Bpk. M. Ali Gufron (Ketua BPP Tumijajar), Bpk. Agus, Ibu Fahmi Lusia, dan Ibu Setiyaningsih ketiganya selaku PPL Tumijajar. Hadir juga para pengurus dan anggota kelompok tani Tiyuh Daya Asri. Reorganisasi tersebut dilaksanakan karena masa jabatan kepengurusan yang ada saat ini telah habis masa baktinya, dan diperlukan pembaharuan. Hasil musyawarah disepakati kepengurusan P3A Mugi Rahayu Tiyuh Daya Asri yang baru yaitu :

  1. Ketua            : Bpk. Suwito
  2. Sekretaris     : Bpk. Tri Nuryanto
  3. Bendahara    : Bpk. Mad Sahid
  4. Pengairan 1  : Bpk. Tasiman
  5. Pengairan 2  : Bpk. Harno

WhatsApp Image 2023-12-08 at 09-04-09 

Keberadaan P3A ini tidak akan ada artinya apabila tidak ada dukungan dan kerjasama yang aktif dari seluruh petani dan masyarakat.  Maka dari itu diharapkan kesadaran dan kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat serta Petani Tiyuh Daya Asri guna mendukung tugas serta fungsi P3A Mugi Rahayu sehingga dapat dilaksanakan secara maksimal demi lancarnya perairan untuk persawahan yang ada di Tiyuh Daya Asri.

WhatsApp Image 2023-12-08 at 09-29-52