KEPALO TIYUH DAYA ASRI MENGHADIRI KEGIATAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FDG) TERKAIT TINDAK LANJUT PENGEMBANGAN INFRASTUKTUR SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE) DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

20 Desember 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 155 Kali
KEPALO TIYUH DAYA ASRI MENGHADIRI KEGIATAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FDG) TERKAIT TINDAK LANJUT PENGEMBANGAN INFRASTUKTUR SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE) DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Rabu, 20 Desember 2023 - Kepalo Tiyuh Daya Asri Bpk. Alif Fiantoro memenuhi undangan dari Pj. Bupati melalui Sekretaris Daerah Nomor:555/3586/II.15/TUBABA/2023 perihal Pengembangan Tindak Lanjut Pengembangan Infrastuktur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Wisma Asri, Tiyuh Tirta Makmur, Tulang Bawang Tengah. Hadir dalam kegiatan ini Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Inspektur, Kepala BKAD, Bapperida, Diskominfo, Dinas PMT, Disdukcapil, DPMPTSP, Seluruh Camat se-Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan Kepalo Tiyuh yang terundang dalam lampiran surat undangan.

WhatsApp Image 2023-12-20 at 12-01-52 (1) 

Kegiatan ini adalah Focus Group Discussion (FDG) yang membahas terkait Pengembangan Infrastuktur Internet Tiyuh. Seperti yang diketahui SPBE merupakan suatu sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada suatu instansi pemerintahan. Selain itu yang masuk kedalam Infrastruktur SPBE adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, dan fasilitas yang menjadi penunjang utama untuk menjalankan sistem, aplikasi, komunikasi data, pengolahan dan penyimpanan data, perangkat integrasi/penghubung, dan perangkat elektronik lainnya.

WhatsApp Image 2023-12-20 at 12-01-52 

Kegiatan ini juga guna mempercepat implementasi SPBE khususnya di ruang lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat menuju pemerintahan digital. Hal ini sesuai dengan program dan tujuan SPBE dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Perkembangan transformasi digital mendorong penyediaan layanan pemerintahan yang lebih efisien berbasis teknologi digital. Wakil Menteri Kementeriaan Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan kolaborasi dan sinergisme pun menjadi kunci dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).Salah satu yang dilakukan Kementerian Kominfo dengan melakukan integrasi dan menghadirkan interoperabilitas 2.700 ruang server atau pusat data dan 24.000 aplikasi yang dikelola oleh Kementerian lembaga dan pemerintah daerah. Sesuai amanat Perpres SPBE dan Perpres Arsitektur SPBE, Kementerian Kominfo bertanggung jawab dalam penyelenggaraan infrastruktur SPBE dan koordinasi pembangunan serta pengembangan Aplikasi SPBE.

WhatsApp Image 2023-12-20 at 12-01-51