KEGIATAN ROAD SHOW KEBANGSAAN "MEMBANGUN SINERGITAS GUNA MENCEGAH PENYEBARAN FAHAM INTOLERAN, RADIKALISME, DAN TERORISME DALAM RANGKA MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN DEMI KEUTUHAN NKRI"

18 Desember 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 157 Kali
KEGIATAN ROAD SHOW KEBANGSAAN

Senin, 18 Desember 2023 - Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror bersama jajaran Polda Lampung dan Polres Tulang Bawang Barat menggelar Road Show Wawasan Kebangsaan dalam rangka mencegah penyebaran paham Intoleran, Radikalisme dan Terorisme, di beberapa Kecamatan yang ada di Tulang Bawang Barat. Salah satunya yang diadakakan di Kecamatan Tumijajar tepatnya di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar, Tulang Bawang Barat.

WhatsApp Image 2023-12-18 at 11-01-23 

Hadir dalam kegiatan ini Camat Tumijajar, Kapolsek Tumijajar, Kepala Tiyuh/Lurah Se-Kecamatan Tumijajar, Tokoh Agama, Tokoh Masayarakat, Organisasi Kepemudaan Ansor Banser, beserta tamu terundang. Dari Tiyuh Daya Asri dihadiri oleh Kepalo Tiyuh Bpk. Alif Fiantoro dan Kepalo Suku I-V. Acara Sosisalisasi juga dihadiri Narasumber dari Bidang Densus 88 dan Mabes Polri dan Polda Lampung. Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Ndaru Istimawan, S.IK. melalui Kapolsek Tumijajar Iptu Yessi Pebruara Umar, S.H. menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan wawasan Kebangsaan guna mencegah penyebaran paham Intoleran, Radikalisme dan Terorisme, yang bisa merusak kerukunan serta merusak NKRI.

WhatsApp Image 2023-12-18 at 11-01-22

Perwakilan Tim Pencegahan Densus 88 mengatakan bahwa wawasan kebangsaan ini sangatlah penting guna meminimalisir dan menangkal munculnya paham radikalisme diwilayah Lampung.

“Kami turun untuk melakukan sosialisasi,  pembinaan  dalam rangka meningkatkan karakter dan kualitas Kebangsaan serta jiwa Nasionalisme di masyarakat khususnya masyarakat Tulang Bawang Barat,”jelasnya.

WhatsApp Image 2023-12-18 at 11-11-29 

Sementara itu, Camat Tumijajar mengatakan bahwa kegiatan wawasan Kebangsaan untuk mengantisipasi bahaya Intoleransi dan Radikalisme ini, dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya Kesatuan dan Persatuan Indonesia.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali, semoga di wilayah Kecamatan Tumijajar terbebas dari adanya paham Intoleran, Radikalisme dan Terorisme,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolsek Tumijajar berharap melalui kegiatan ini dapat terciptanya situasi Kamtibmas yang aman,nyaman,damai dan kondusif diwilkum Polsek Tumijajar, Polres Tulang Bawang Barat dan Polda Lampung, beliau juga menambahkan mencegah jelas lebih baik untuk menanggulangi terorisme yang berkedok agama, dibandingkan harus menyembuhkan.

WhatsApp Image 2023-12-18 at 10-47-39 

Harapannya apa yang didapat di sosialisasi ini dapat ditularkan kepada sanak saudara dan masyarakat luas sehingga dapat memupuk rasa kesatuan dan persatuan guna mencegah penyebaran paham Intoleran, Radikalisme dan Terorisme di Tumijajarb khususnya dan di Negara Indonesia yang kita cintai ini.