KEGIATAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAHAN DESA DAN PENGURUS KELEMBAGAAN DESA YANG DIADAKAN OLEH DITJEN BINA PEMERINTAH DESA MELALUI DINAS PMDT PROVINSI LAMPUNG

08 November 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 170 Kali
KEGIATAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAHAN DESA DAN PENGURUS KELEMBAGAAN DESA YANG DIADAKAN OLEH DITJEN BINA PEMERINTAH DESA MELALUI DINAS PMDT PROVINSI LAMPUNG

Tiyuh Daya Asri - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Lampung sebagai leading sektor pada Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) mengadakan Pelatihan Aparatur Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kegiatan ini dibagi dalam beberapa batch dimulai dari tanggal 20 September s.d. 10 November 2023. Pihak Tiyuh Daya Asri sendiri mendapat kesempatan mengikuti pelatihan pada batch 11 yang bertempat di Hotel Aston Lampung City pada tanggal 4-7 November 2023 dengan tema Tematik Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKAD) dan Lembaga Adat Desa (LAD). Hadir sebagai perwakilan peserta dari Tiyuh Daya Asri adalah Kepalo Tiyuh Daya Asri perwakilan aparatur, Ketua TP PKK, Perwakilan LPM dan Perwakilan Karang Taruna.

WhatsApp Image 2023-11-08 at 11-25-29

P3PD merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia (World Bank), dalam hal peningkatan kapasitas aparatur desa dan juga lembaga kemasyarakatan yang ada di desa. Tujuan pelatihan P3PD ini adalah membuat desa lebih baik dalam perencanaan pembangunan desa dan yang terpenting adalah meningkatkan belanja desa yang berkualitas serta keterlibatan lembaga kemasyarakatan desa baik itu PKK, RT/RW. Karang Taruna, LAD, LPM dan lembaga masyarakat lainnya yang ada di desa dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

WhatsApp Image 2023-11-08 at 11-25-29 (1)

Dalam batch 11 yang diikuti Tiyuh Daya Asri terdiri dari perwakilan 48 desa/tiyuh/pekon yang berasal dari tiga kabupaten yaitu Tulang Bawang Barat, Tanggamus dan Lampung Tengah. Para peserta mendapatkan materi peningkatan kapasitas yang diberikan oleh para narasumber dan fasilitator yang berasal dari Dinas PMDT Provinsi Lampung. Diantara materi yang diberikan adalah, manajemen keuangan desa, revitalisasi lembaga masyarakat desa, kewirausahaan, BUMDesa, Smart Village, kepemimpinan, dan juga ada praktik dalam perencanaan program kerja baik bagi pemerintah desa maupun bagi LKD. Salah satu pemateri adalah Kepala Dinas PMDT Lampung yang juga pernah menjabat sebagai Pj. Bupati Tubaba, yaitu Dr. Zaidirina, S.E.,M.Si. Dalam memberikan materi Beliau menyampaikan bahwa sebagai pemerintah desa harus bisa menggali dan memanfaatkan potensi yang ada di desa serta disinkronkan dengan program Smart Village sehingga tercapai tujuan yang maksimal dalam pengembangan potensi desa guna lebih mensejahterakan masyarakat. Selain itu ditekankan pula terkait keterlibatan seluruh unsur masyarakat baik dari LKD maupun masyarakat umum dalam setiap perencanaan, pengawasan, pelaksanaan, pembangunan dan pemberdayaan yang ada di desa.

WhatsApp Image 2023-11-08 at 11-25-28

Mudah-mudahan melalui pelatihan P3PD ini dapat membuat desa lebih baik dalam hal perencanaan pembangunan di desa, serta dana yang diterima bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya melalui perencanaan partisipatif dengan melibatkan BPD, LKD, dan organisasi kemasyarakatan yang lainnya demi menuju kesejahteraan masyarakat bersama.