KEGIATAN TRAINING OF TRAINER (ToT) PENGUATAN PROGRAM SMART VILLAGE PROVINSI LAMPUNG

23 Oktober 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 198 Kali
KEGIATAN TRAINING OF TRAINER  (ToT) PENGUATAN PROGRAM SMART VILLAGE PROVINSI LAMPUNG

Tiyuh Daya Asri - Pada tahun Anggaran 2023 Pemerintah Provinsi Lampung akan memberikan bantuan keuangan kepada seluruh desa/tiyuh dan kelurahan se-Provinsi Lampung untuk penguatan kapasitas aparatur desa dalam implementasi program samrt village  provinsi Lampug. Agar kegitan penguatan kepasitas aparatur desa dapat berjalan dengan baik, maka perlu untuk dilaksanakan Training of Trainer (ToT) bagi calon pelatih/fasilitator. Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Tarnsmigrasi Provinsi Lampung pada hari Jumat-Minggu/20-22 Oktober 2023 bertempat di Hotel Yunna Bandar Lampung, Jln. Ikan Hiu No. 1 Teluk Betung Bandar Lampung.

WhatsApp Image 2023-10-23 at 09-45-14 

Peserta terdiri dari operator smart village desa se-Provinsi Lampung yang berjumlah 60 peserta. Sedangkan dari desa/tiyuh Daya Asri diwakili oleh Bpk. Dedi Saputra, S.Kom selaku operator smart village tiyuh dengan Surat Perintah Tugas No.145/166/DA-TJ/TUBABA/X/2023 tanggal 20 Oktober 2023. Perintah tugas ini berdasarkan undangan dari Dinas PMDT Provinsi Lampung Nomor 414.1/756/V.12/2023 tanggal 18 Oktober 2023 tentang ToT Penguatan Program Smart Village Provinsi Lampung.

Fotoram-io (9)

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung terealisasinya program smart village provinsi Lampung dengn baik dan sesuai dengan target. Dalam ToT ini para peserta mendapatkan beberapa materi pelatihan diantaranya Keterampilan Dasar Fasilitasi, Implementasi Aplikasi Desa, Implementasi Aplikasi Sistem baik data adminduk maupun data suplemen dan integasi, Implementasi Aplikasi Keuangan, selanjutnya ada juga materi Praktek Penerapan Aplikasi, Praktek Fasilitasi, Micro Teaching, dll.

WhatsApp Image 2023-10-23 at 09-45-10 

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapakan Program Smart Village yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas PMDT dapat berjalan dengan maksimal serta manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat sesuai dengan tujuannya yaitu optimalisasi potensi Desa di Provinsi Lampung agar menjadi salah satu kekuatan Sosial-Ekonomi, dengan fokus kegiatan pada Layanan Administrasi Pemerintahan Desa, Layanan Administrasi Kependudukan, Pemberdayaan Ekonomi, dan Peningkatan Kapasitas Aparatur untuk mengubah wajah desa/kelurahan di Lampung menjadi lebih baik.