KEGIATAN PTM POSBINDU AJAK MASYARAKAT RUTIN LAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN

11 Januari 2023
MUNTHOLIB
Dibaca 985 Kali
KEGIATAN PTM POSBINDU AJAK MASYARAKAT RUTIN LAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN

Rabu, 11 Januari 2023 - Diadakan kegiatan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) yang bertempat di Pos Posyandu Suku IV Tiyuh Daya Asri. Kegiatan ini dalam rangka monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat Daya Asri, UPT Puskesmas Dayamurni dibantu oleh Pustu dan Kader yang ada di tiyuh melaksanakan program PTM POSBINDU ini. Dalam kegiatan ini warga yang datang dapat melakukan pengecekan TD, BB, Glukosa Darah, Cholesterol dan Urid Acid secara rutin. Dengan harapan warga selalu mengontrol kesehatan tidak hanya di posyandu, tetapi juga melalui kegiatan POSBINDU PTM. Posbindu PTM juga bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas terdekat.

Antusias warga masyarakat Tiyuh Daya Asri juga cukup baik dengan adanya kegiatan ini sehingga warga tidak perlu langsung ke puskesmas untuk mengecek kesehatannya. Kegiatan Posbindu PTM ini diadakan rutin setiap bulan dan untuk tempat kegiatan akan berpindah secara bergiliran dari Suku I sampai Suku V Tiyuh Daya Asri.