PENENTUAN TITIK KOORDINAT BATAS TIYUH DAYA ASRI PROGRAM PENEGASAN BATAS TIYUH TAHUN 2022

04 Juli 2022
MUNTHOLIB
Dibaca 105 Kali
PENENTUAN TITIK KOORDINAT BATAS TIYUH DAYA ASRI PROGRAM PENEGASAN BATAS TIYUH TAHUN 2022

Aparatur Tiyuh Daya Asri yang diwakili oleh Kaur Perencanaan dan Kasi Pemerintahan serta di bantu oleh para Kepalo Suku serta Mahasiswa/i KKN-DR UIN RIL melakukan kegiatan penentuan titik koordinat batas tiyuh dengan tiyuh tetangga. Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa, 28 Juni 2022 yang lalu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka tindak lanjut program penetapan dan penegasan batas tiyuh sesuai dengan Permendagri No.45/Tahun 2016, dan hasil dari pelatihan yang pernah diikuti pemerintah tiyuh Daya Asri.

Untuk tahap pertama dilakukan perjalanan bersama pemerintah tiyuh tetangga dalam hal ini Tiyuh Murni Jaya, Dayamurni dan Margo Dadi yang secara langsung bersinggungan batas wilayahnya dengan Tiyuh Daya Asri. Perjalanan ini dalam rangka penjajakan bersama untuk menentukan batas tiyuh melalui perjalanan menelusuri area persawahan dan peladangan yang menjadi titik temu batas wilayah masing-masing tiyuh.

Selain dilakukan dengan cara terjun langsung digunakan juga aplikasi melalui smartphone guna menjadi pemandu dan petunjuk batas tiyuh sehingga ditemukan titik koordinat yang akurat dan tentu saja dengan kesepakatan dan disaksikan bersama oleh wakil pemerintah tiyuh masing-masing. Selanjutnya jika semua batas wilayah dengan tiyuh tetangga sudah selesai maka akan dilakukan kesepakatan bersama melalui pembuatan  Berita Acara bersama guna mengukuhkan batas wilayah tiyuh masing-masing.

Kegiatan ini dibantu oleh para Mahasiswa/i KKN dari UIN RIL untuk bersama-sama menjajaki wilayah perbatasan administrasi Tiyuh Daya Asri. Kegiatan ini akan terus berlanjut sesuai dengan batas tiyuh tetangga yang bertemu dengan batas tiyuh Daya Asri diantaranya Tiyuh Murni Jaya, Margo Dadi, Margo Kencono, Candra Mukti, Bandar Dewa, Pulung Kencana dan kelurahan Dayamurni sampai dengan ditemukannya keseluruhan batas Tiyuh di Daya Asri.