APARATUR TIYUH DAYA ASRI MENGIKUTI BIMTEK LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN APBT TAHUN ANGGARAN 2022

21 April 2022
MUNTHOLIB
Dibaca 128 Kali
APARATUR TIYUH DAYA ASRI MENGIKUTI BIMTEK LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN APBT TAHUN ANGGARAN 2022

Tiyuh Daya Asri - Kamis, 21 April 2022 bertempat di Balai Tiyuh seluruh Aparatur Tiyuh Daya Asri  mengikuti bimbingan teknis tentang pelaporan pertanggungjawaban APBT tahun anggaran 2022. Narasumber dalam bimtek ini adalah pihak Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang Barat, yang dihadiri oleh Bpk. Yudhi Ariansyah, S.E.,M.M. dan Ibu Umi Fatkhatin, S.E. sesuai dengan surat perintah tugas nomor 700/40/SPT/III.01/TUBABA/2022 tertanggal 13 April 2022. Sedangkan sebagai peserta dihadiri oleh Sekretaris Tiyuh, Kaur, Kasi, Staff Balai, dan Anggota BPT Tiyuh Daya Asri.

Dalam bimtek ini Ibu Umi menjelaskan tentang tugas dan tupoksi masing-masing aparatur terkait tahapan-tahapan yang dilalui dalam pengelolaan anggaran di tiyuh yang meliputi perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan pertanggungjawaban. Dimana masing-masing aparatur memliki tanggung jawab terkait dengan pelaksanaan dan pembelajaan anggaran tiyuh yang dibagi kedalam lima jenis belanja yaitu belanja bidang peyelenggaraan pemerintahan Tiyuh, bidang pelaksanaan pembangunan, belanja bidang pembinaan kemasyarakatan, belanja bidang pemberdayaan masyarakat dan belanja bidang tak terduga. Selain itu beliau juga menerangkan terkait tatacara pelaporan pertanggungjawaban anggaran yang baik dan benar.

Bpk. Yudhi menambahkan bahwa sangat pentingnya bimtek semacam ini guna untuk peningkatan kapasitas aparatur tiyuh agar tercapai sumber daya manusia yang profesional dan bekerja sesuai dengan tupoksi dan tidak menyalahi aturan perundang-undangan yang berlaku. Bimtek ini juga selaras dengan salah satu tugas Inspektorat yaitu fungsi pembinaan terhadap aparatur tiyuh selaku pengelola anggaran dana desa.

Sedangkan Sekretaris Tiyuh Daya Asri, Bpk. Surahman menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Inspektorat yang sudah menugaskan narasumber sesuai dengan permohonan narasumber yang telah disampaikan ke pihak Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang Barat terkait bimtek laporan pertanggungjawaban APBT tahun anggaran 2022 di Tiyuh Daya Asri.

Harapannya dengan diadakan bimtek ini dapat menunjang kinerja aparatur Tiyuh Daya Asri kedepan menjadi lebih baik lagi dalam mengelola dana desa terutama terkait tentang pelaporan pertanggungjawaban anggaran. Selain itu bimtek ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi serta konsolidasi antara pemerintah Tiyuh Daya Asri dan Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang Barat guna sama-sama bertujuan agar terjalin komunikasi yang baik demi kemajuan Tiyuh Daya Asri khususnya dan Kabupaten Tulang Bawang Barat pada umumnya.