Sosialisasi Penginputan Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2022

16 Maret 2022
MUNTHOLIB
Dibaca 312 Kali
Sosialisasi Penginputan Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2022

Tiyuh Daya Asri - Rabu, 16 Maret 2022 bertempat di Balai Tiyuh Murni Jaya diadakan sosialisasi penginputan Indeks Desa Membangun atau IDM tahun 2022 yang di hadiri oleh Pendamping Lokal Kecamatan Ibu Sasmi Rohayati, S.Pd. dan Ibu Dwi Sulistyaningsih, S.E. serta Pendamping Lokal Desa Tiyuh Daya Asri Sundartik, S.Kom. Peserta sosialisasi dihadiri dari Juru Tulis dan Operator seluruh tiyuh di Kecamatan Tumijajar.

Dalam kegiatan ini Pendamping Desa menyampaikan bahwa sosialisasi ini dalam rangka penyampaian perubahan kusioner dalam IDM tahun 2022 yang mengalami beberapa penambahan dan pengurangan sesuai dengan Permendes PDTT Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM), Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan DD tahun 2021 dan Permendes PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, yang salah satunya mengatur tentang pendataan desa dan memastikan ketercapaian SDGs Desa, maka diperlukan pemutakhiran data IDM berbasis SDGs Desa. Pemutakhiran data ini menjadi salah satu perhitungan DD tahun anggaran 2022 pada alokasi afirmasi dan alokasi kinerja sesuai PMK Nomor 222/PMK.07/2020 tentang pengelolaan Dana Desa. Maka dari itu diadakan sosialisasi ini agar Pemerintah Tiyuh dapat menginput IDM sesuai dengan keadaan real yang ada di tiyuh sebagai bahan acuan perencanaan pembangunan tiyuh di tahun berikutnya dengan melihat point yang di prioritaskan melalui data IDM.

Dari Pemerintah Tiyuh Daya Asri diwakili oleh Kasi Pemerintahan dan Operator Tiyuh, harapannya dalam kegiatan ini dapat membantu operator tiyuh dalam mengupdate data IDM tahun 2021 sesuai dengan keadaan yang ada di Tiyuh Daya Asri untuk di input ke data IDM tahun 2022.