TIYUH DAYA ASRI MELUNCURKAN LAYANAN ADMINISTRASI ONLINE BERBASIS SMART VILLAGE

03 Januari 2022
MUNTHOLIB
Dibaca 215 Kali
TIYUH DAYA ASRI MELUNCURKAN LAYANAN ADMINISTRASI ONLINE BERBASIS SMART VILLAGE

Pemerintah Tiyuh Daya Asri - Hari ini Senin tanggal 3 Januari 2022 Pemerintahan Tiyuh Daya Asri dengan resmi telah meluncurkan layanan administrasi online menggunakan Program Smart Village. Program ini adalah Program Desa Cerdas Berbasis Digital yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung yang berfokus pada gerakan kesadaran sosial Masyarakat di Desa yang peduli pada perubahan digital dengan melibatkan semua stakeholder dan terintegrasi dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Program Smart Village merupakan salah satu dari 33 janji kerja Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim demi mewujudkan Desa Berjaya. Program ini akan memberikan kemudahan dalam integrasi data yang sehari-hari dilaksanakan masyarakat di desa, seperti layanan administrasi, layanan pajak, layanan transaksi perbankan, layanan Program Kartu Petani Berjaya melalui integrasi data KPB, dan berbagai hal lain yang akan terus dikembangkan.

Di Tiyuh Daya Asri program ini masih berada di tahap awal yang berkonsentrasi kepada Pemerintahan terutama dalam hal pelayanan administrasi masyarakat. Dengan adanya program ini masyarakat tiyuh akan lebih dimudahkan dalam hal pelayanan surat-menyurat. Warga yang akan membuat surat bisa melakukan permohonan dan mencetak surat yang dibutuhkan melalui smartphone masing-masing dengan mengakses alamat web Tiyuh Daya Asri di https://www.dayaasri.desa.id/.

Warga akan masuk ke halaman utama selanjutnya dapat memilih menu Layanan Mandiri setelah itu login menggunakan NIK dan PIN yang sudah didapatkan sebelumnya (Pendaftaran PIN dapat dilakukan di Balai Tiyuh dan cukup hanya sekali pendaftaran). Setelah itu dilanjutkan dengan memilih jenis surat yang akan dibuat, mengisi data dan mengisi alasan keperluan surat. Setelah selesai warga bisa langsung mencetak sendiri surat yang dibuat lalu meminta pengesahan tanda tangan di Balai Tiyuh atau juga bisa mencetak surat di Balai Tiyuh sekaligus meminta tanda tangan pengesahan dari Kepalo Tiyuh. Selain itu bagi warga yang membuat surat dengan datang di Balai Tiyuh tidak harus mengisi formulir secara tertulis lagi cukup dengan menggunakan Anjungan Layanan Mandiri yang tersedia di Balai Tiyuh sehingga pengecakan data dan pembuatan surat dapat dilakukan secara online sehingga lebih cepat dan mudah. 

Kepalo Tiyuh Daya Asri Bpk. Alif Fiantoro menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung karena Tiyuh Daya Asri menjadi salah satu Desa yang mendapatkan Program Smart Village di Tahun Anggara 2021 sehingga program dapat mulai di gunakan pada awal tahun 2022 ini, dengan harapan dapat dimaksimalkan fungsinya demi menuju Tiyuh Daya Asri Berjaya. Bagi warga yang belum bisa menggunaka layanan administrasi online dapat datang ke Balai Tiyuh dan nanti akan dipandu oleh staff yang ada di Balai Tiyuh.

Juru Tulis Tiyuh Daya Asri Bpk. Surahman menambahkan bahwa dengan adanya Program Smart  Village ini diharapkan dapat bermanfaat bagi warga Tiyuh Daya Asri yang ingin membuat surat namun terkendala waktu, karena permohonan pembuatan surat online ini dapat diakses selama 24 Jam. Sehingga dapat mempersingkat waktu pembuatan surat dan dapat mengantisipasi penumpukan antrian warga di Balai Tiyuh.