KETUA HKTI LAMPUNG HADIRI PANEN RAYA PERDANA BENIH PADI M-70D DI TIYUH DAYA ASRI

28 Januari 2022
MUNTHOLIB
Dibaca 134 Kali
KETUA HKTI LAMPUNG HADIRI PANEN RAYA PERDANA BENIH PADI M-70D DI TIYUH DAYA ASRI

Jumat, 28 Januari 2022 - Hari ini diadakan panen perdana padi varietas M-70D di Kabupaten Tulang Bawang Barat bertempat di Tiyuh Daya Asri Suku III Kecamatan Tumijajar. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Umar Ahmad Bupati Tulang Bawang Barat yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Himpunan Kelompok Tani (HKTI) Provinsi Lampung, Jajaran kepengurusan HKTI Provinsi Lampung dan Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kepala Dinas Pertanian Tulang Bawang Barat, Camat Tumijajar, Kepalo Tiyuh Daya Asri, pedamping lapangan kabupaten dan kecamatan serta kelompok tani yang ada di Tiyuh Daya Asri.

Padi M70D adalah padi Moeldoko 70 Day yang merupakan jenis padi hasil pengembangan Bapak Moeldoko yang digadang-gadang merupakan varietas padi unggulan, hal ini karena padi umumnya baru bisa panen setelah 105 hari, namun padi jenis ini sudah bisa di panen dalam kurun waktu 70 hari.

Dalam panen ini luas lahan penangkaran 14 Hektar dengan hasil produksi sesuai hasil pengubinan 2 m3 menghasilkan 5,2 Kg jadi total perhektar dapat disetimasi sebanyak 8 Ton/hektar.

Dalam sambutannya Bapak Umar Ahmad mengatakan bahwa Kebutuhan pangan semakin meningkat karena jumlah penduduk semakin meningkat, karena itu pekerjaan petani sangat mulia karena menyediakan kebutuhan pangan untuk umat manusia, untuk itu program yang selalu di kejar adalah meningkatkan hasil pertanian dan penangkaran padi, salah satunya benih padi M70D ini.

Harapannya kedepan tidak hanya di Tiyuh Daya Asri tetapi hasil pertanian dapat meningkat di seluruh Tulang Bawang Barat dari hasil penangkaran benih unggul M70D yang di kembangkan di Tiyuh Daya Asri ini demi mendorong program ketahanan pangan nasional.