MENGENAL PENYANDANG DISABILITAS

15 Mei 2024
MUHAMMAD JADMIKO
Dibaca 83 Kali
MENGENAL PENYANDANG DISABILITAS

Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak. Gangguan Disabilitas ini dapat muncul sejak lahir (genetik) atau akibat kecelakaan, penyakit, atau efek samping dari pengobatan medis.

Setiap tanggal 3 Desember, masyarakat dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional. Hari peringatan ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan pada penyandang disabilitas sekaligus mengajak warga dunia untuk semakin mengenal lebih jauh tentang disabilitas. Untuk memberikan dukungan yang tepat, sebaiknya kita kenali lebih jauh mengenai jenis-jenis disabilitas berikut ini :

1. Disabilitas fisik

Penyandang disabilitas fisik mengalami keterbatasan akibat gangguan pada fungsi gerak tubuh. Antara lain  lumpuh layu atau kaku, paraplegi, cerebral palsy (CP), akibat amputasi, stroke, kusta, dan lain-lain.

2. Disabilitas Sensorik

Disabilitas sensorik adalah terganggunya salah satu fungsi dari panca indera antara lain disabilitas netra, rungu dan atau wicara.

3. Disabilitas Mental

Penyandang disabilitas mental mengalami keterbatasan akibat gangguan pada pikiran atau otak, emosi dan prilaku, antara lain : psikososial (misalnya skizofrenia, bipolar, depresi, anxietas, gangguan kepribadian) dan disabilitas perkembangan yang berpengaruh pada kemampuan interaksi sosial, misalnya autis dan hiperaktif.

4. Disabilitas Intelektual

Disabilitas intelektual adalah suatu disfungsi atau keterbatasan baik secara intelektual maupun perilaku adaptif yang dapat ditandai dengan tingkat IQ di bawah standar rata-rata.

American Psychological Association (APA) membuat klasifikasi penyandang disabilitas intelektual berdasar tingkat kecerdasan atau skor IQ, yaitu :

- ringan (debil,) skor IQ 55-70

- sedang (imbesil), skor IQ 40-55

- berat, skor IQ 25-40

- sangat berat, skor IQ <  25.

Ayo selalu berikan dukungan bagi penyandang disabilitas agar mereka juga dapat menjalani kehidupan dengan nyaman.