KEGIATAN PENDAMPINGAN INPUT INDEKS DESA MEMBANGUN (IDM) TIYUH SE-KECAMATAN TUMIJAJAR TAHUN 2024

23 April 2024
Dibaca 154 Kali
KEGIATAN PENDAMPINGAN INPUT INDEKS DESA MEMBANGUN (IDM) TIYUH SE-KECAMATAN TUMIJAJAR TAHUN 2024

Selasa, 23 April 2024 - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melalui Permendesa No. 2 Tahun 2016, telah menetapkan beberapa indikator yang memberi kemudahan kepada desa untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemandirian desanya. Dengan adanya instrumen yang disebut dengan Indeks Desa Membangun (IDM), desa dapat mengenali dan menggali informasi, sejauh mana permasalahan yang dialami dan potensi yang dimiliki untuk mendorong desa keluar dari jerat masalahnya. Setiap Tahun seluruh pemerintah desa se-Indonesia melakukan input data Indeks Desa Membangun (IDM), termasuk Tahun 2024 ini dan akan dilakukan penilaian melalui instrument dengan berbagai indikator.

photo1713841885_(1)

Dalam rangka percepatan penginputan data IDM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulang Bawang Barat bersama Pihak Kecamatan Tumijajar melakukan sosialisasi dan pendampingan untuk Tiyuh se-Kecamatan Tumijajar. Kegiatan ini dihadiri oleh Ir. Johansyah dan Ir. Abdul Hakim selaku perwakilan Dinas PMD Kabupaten Tulang Bawang Barat, Ibu Sriyanti, S.E. (Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Tumijajar), Bpk. Suroso, S.E. (Kasubbag Umum dan Kepegawaian Tumijajar), Ibu Dwi Sulistyaningsih, S.E., (Pendamping Desa Kecamatan),, Ibu Sundartik, S.Kom (Pendamping Desa Kecamatan) serta perwakilan operator IDM Tiyuh se-Kecamatan Tumijajar.

photo1713841885_(2)

Kegiatan pendampingan pemutakhiran IDM (Indeks Desa Membangun) ini dilakukan untuk meningkatkan sinergitas atau kerjasama antara stakeholder dengan pokja pendataan guna mempercepat proses pendataan yang akan dilaksanakan di masing-masing tiyuh yang ada di Tumijajar. Harapannya melalui penginputan data IDM agar didapatkan data yang akurat sebagai dasar bagi pemerintah baik tiyuh, kecamatan maupun kabupaten dan pusat dalam menentukan kebijakan pembangunan prioritas dan berkelanjutan bagi tiyuh.